Breaking News

Cara Menghindari Pelanggaran Hak cipta di You Tube

Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Di Youtube

 Sufiles And Trick sekarang akan Memmbagikan sebuat tutorial yaitu Cara Menghindari Klaim Hak Cipta Video Youtube – Dalam membuat sebuah kontent video untuk youtube seringkali masalah yang kadang dijumpai dalam sebuah konten video youtube adalah hak cipta. Masalah hak cipta ketika kamu upload kontent video di Youtube terkadang memang sangat menyebalkan. Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mengalami masalah tersebut, video yang kamu upload di klaim adanya konten pihak ketiga yang menyebabkan video kamu tidak dimonetisasi. Tetapi, ini merupakan kebijakan adil oleh Youtube yang bersifat melindungi sebuah karya. 

Tetapi, kamu tidak perlu khawatir untuk masalah tersebut, ada banyak sekali cara supaya kamu bebasklaim masalah hak cipta , tentunya dengan membuat konten video yang telah kamu modifikasi.


Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Di Youtube

1. Buatlah video original

Ini adalah cara yang paling sportif untuk mengupload kontent video di Youtube, yaitu dengan membuat video original. Pihak youtube sangat menyarankan agar video yang kamu upload adalah video original karya kamu sendiri untuk menghindari klaim konten video pihak ketiga. Pada dasarnya kamu bisa membuat video asli karya kamu dengan merekam kejadian lucu, bodoh dan konyol orang-orang disekitar kamu atau membuat rekaman lagu sendiri, Membuat film pendek atau apalah yang merupakan hasil kerja keras kamu, Dimana Vidio hasil karya kamu yang di publikasi merupakan sbuah kepuasan batin kamu sendiri, nilai dari sebuah karya tak hanya terletak dari nominal uang yang akan daptkan, tentunya memang ini membutuhkan dua kali kerja, tetapi kamu akan terhindar dari beberapa klaim dari pihak ketiga yang tidak menyenangkan.

2. Edit Secreatif Mungkin

Ketika kamu akan membuat sebuah konten  untuk youtube dapat menggunakan bantuan tools atau software untuk membuat atau mengedit video. Software editing tersebut bisa berupa Adobe premiere, Vegas atau Final Cut Pro, aku lebih menyarankan 3 software tersebut untuk melakukan editing, kenapa demikian? Karena dari ketiga software tadi untuk fitur dan kegunaanya sangat lengkap sekali, tinggal kita yang creatif dalam mempercantik sebuah video.
Berikut ini merupakan hal yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan software sebagai editor video :
  • Memotong dan Mengkombinasi video-video menjadi satu
  • Menggunakan Video Creative Commons
  • Merubah Suara/Pitch Audio
  • Merubah Resolusi atau Menambah Efek Baru
  • Menambah Intro dan Outro
  • Menambahkan musik Bebas hak cipta

3. Gunakan Video Licence Crative Commons

Jika tidak ingin ada laporan dan ingin bebas menggunakan video orang lain, maka kamu harus menggunakan video yang ber licence Creative Commons, apa itu creative commons ? apa keuntungan menggunakan video creative commons? penjelasannya bisa dibaca di artikel pengertian creative commons.

Cara mencari video creative commons bisa ikuti langkah dibawah ini :
  • Buka youtube
  • Masukan kata kunci dalam pencarian
  • Enter (maka video yang kamu cari akan muncul)
  • Klik Filters dan pilih Creative Commons
Setelah itu semua video yang muncul adalah video yang berlicence creative commons, tinggal kamu download dan upload, tetapi akan lebih baik jika kamu edit ulang menjadi kompilasi atau edit lagi biar menarik. Bisa menambahkan musik atau bahkan menambahkan logo.

3. Merubah Pitch Audio

 Merubah pitch audio seperti ini bisa dilakukan dengan bantuan software editor audio seperti Adobe Audition atau yang ringan menggunakan Audacity, aku lebih nyaranin pake adobe saja, biar nanti bisa lebih gampang terintregasi dengan adobe premiere atau adobe lainnya.
Biasanya dengan merubah pitch suara dapat menghindari klaim hak cipta, namun kekurangannya suara atua audio dalam video tersebut akan terasa aneh dan mungkin bisa membuat penonton males nonton video kamu karena suaranya aneh, jadi hati-hatilah dalam merubah pitch suara.
Berikut ini tutorial cara merubah pitch suara : Tutorial Merubah Pitch suara


Sekian Dari Saya Semoga Tutorial yang saya bagi dapat bermanfaat bagi kalian semua...../!!!!!!


Tidak ada komentar